Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan Pada Penderita Hipertensi

Garam adalah salah satu bahan dapur yang tidak bisa dilewatkan. Hampir semua makanan yang anda makan pasti akan mengandung garam. Tetapi kadar garam yang masuk ke tubuh anda ini harus dibatasi karena jika anda kekurangan atau kelebihan garam pada tubuh akan menimbulkan masalah bagi tubuh anda. Kasus kelebihan garam ini lebih banyak dijumpai di masyarakat karena kesadaran mengenai bahaya garam berlebih belum dipahami dengan baik. Terlebih lagi jika anda adalah seorang penderita hipertensi. Untuk itu penting untuk diketahui jika ada beberapa bahaya yang akan terjadi jika anda kelebihan garam.

Bahaya Konsumsi Garam Berlebih !

Menurut WHO asupan garam setiap harinya adalah sebanyak 2.323 mg atau setara dengan 1 sendok teh garam (5 gram). Secara umun jumlah asupan garam bagi pria dan wanita yaitu sebanyak 1900 mg – 2500 mg per hari. Jika asupan garam anda lebih dari ambang batas tersebut maka hal ini bisa membahayakan tubuh anda.

  • Asupan garam sebanyak ½ sendok teh mampu meningkatkan tekanan sitolik anda sebnayak 5 poin dan juga meningkatkan tekanan diastolik sebanyak 3 poin.
  • Garam atau natrium clorida ini akan diikat oleh ginjal sehingga dalam jumlah yang banyak akan mengakibatkan anda menjadi selalu merasa haus. Karena rasa haus tersebut maka volume cairan yang masuk ke tubuh anda juga lebih banyak tetapi hal ini tidak diimbangi dengan pembuluh darah anda yang akhirnya menyebabkan tekanan darah menjadi lebih meningkat.
  • Kandungan natrium clorida yang berlebih dalam darah ini juga akan merusak dinding pembuluh darah. Jika dinding pembuluh darah mengalami kerusakan atau pengelupasan maka hal ini akan mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah anda yang pastinya akan berefek pada masalah kardiovaskular.

Itulah beberapa bahaya yang diakibatkan oleh konsumsi garam yang berlebihan. Bisa dibayangkan jika hal ini terus menerus terjadi pada anda yang sudah memiliki bibit atau memiliki kecenderungan hipertensi maka hal ini akan sangat berbahaya bagi tubuh anda. Tetapi tidak hanya itu saja bahaya yang akan anda rasakan, karena beberapa penyakit ini juga bisa menyerang anda jika anda tidak membatasi asupan garam anda.

Dampak Konsumsi Garam Berlebih

1. Hipertensi

Tentu sudah jelas jika konsumsi garam berlebih ini bisa mengakibatkan hipertensi, karena garam ini akan menyumbat aliran darah anda, serta mengakibatkan pembuluh darah menjadi semakin sempit yang akan mempengaruhi kerja jantung. Jadi keadaan ini akan memicu terjadinya kenaikan tekanan darah.

2. Penyakit jantung

Penyebab utama munculnya penyakit jantung adalah konsumsi garam yang berlebihan. Hal ini bisa mengakibatkan pembuluh darah anda menjadi sempit dan tentunya akan membuat pasokan darah menjadi berkurang karena tekanan yang tinggi. Tekanan tinggi inilah yang akan menjadi sebab munculnya penyakit jantung.

3. Stroke

Stroke ini adlaha salah satu penyakit yang disebabkan karena kurangnya pasokan darah dan oksige ke otak. Pemicu utama terjadinya penyakit stroke adalah adanya keluhan hipertensi atau darah tinggi yang membuat pasokan darah tidak mencukupi.

4. Retensi cairan

Jumlah garam yang berlebih pada tubuh ini tidak baik karena garam ini akan diserap oleh ginjal dan untuk membuang kadar garam ini tubuh memerlukan cairan yang berlebih sehingga mengakibatkan tubuh banyak mengandung cairan dan sulit untuk diekstresi maka hal ini akhirnya menyebabkan terjadinya pembengkakan pada jantung.

5. Memicu masalah pada sistem pencernaan

Garam berlebih di dalam sistem pencernaan juga menyebabkan penurunan produksi enzim pepsin. Padahal enzim pepsin adalah senyawa penting yang berguna dalam sistem pencernaan. Jika produksi enzim pepsin menurun, tingkat keasaman pada sistem pencernaan akan meningkat, dalam keadaan tertentu, hal tersebut juga dapat memicu diare.

Itulah beberapa bahaya yang akan anda alami jika anda tidak membatasi garam yang anda konsumsi. Tekanan darah anda akan naik dan memicu terjadinya banyak penyakit lainnya. Untuk itu anda perlu mengatasi hal ini agar tidak semakin parah.

Anda bisa mengkonsumsi obat herbal Cardo R, obat ini terbuat dari bahan-bahan herbal pilihan yang dipilih langsung oleh para herbalis. Bahan yang digunakan untuk membuat obat ini adalah pegagan, daun salam dan juga daun seledri. Bahan-bahan ini baik sekali digunakan untuk membantu mengontrol tekanan darah anda.

Seluruh bahan ini diproses dengan menggunakan teknologi yang canggih dengan menjaga keaslian dan kehigienisan bahan-bahan yang digunakan. Anda tidak perlu repot dalam mengkonsumsi bahan-bahan ini karena obat Cardo R ini dibuat dalam bentuk kapsul yang sudah disesuaikan kandungannya sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

Obat Cardo R ini juga sudah mendapatkan izin edar dari Badan Pom yang berarti membuktikan jika obat ini sudah terbukti AMAN. Nomor registrasi onat ini adalah POM TR : 173 302 361. Jadi tidak ada lagi yang perlu anda khawatirkan karena obat ini sudah terbukti dan juga terjamin keamanannya.

 

BerkaHerba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *